Perusahaan Apple Inc.
I.Latar Belakang
Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen,
perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan
pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer,
Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer"
dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik
konsumen pascapeluncuran iPhone.
Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone.
II.Tujuan
Steve Jobs
mengatakan bahwa tujuan Apple didirikan bukanlah untuk mendapatkan uang.
Tujuan kami adalah mendesain dan membangun lalu memberikan
barang-barang bagus ke masyarakat. Kami percaya dengan cara begitu,
orang-orang akan menyukai kami, dan sebagai gantinya,kami akan
mendapatkan uang. Tapi kami memahami betul mengenai tujuan-tujuan yang
kami miliki.
http://www.idbite.com/artikel/1097/15-quote-terbaik-dari-steve-jobs
III.Manfaat
1. Strategi Aras Korporasi
Menjualnya
secara eceran, melalui distributor ataupun melalui kerjasama dengan
operastor selular adalah sebuah pilihan. Sebuah cara dalam berdagang dan
ini tidak melanggar etika bisnis. Cara ini di pilih sebagai strategi
perusahaan dalam berbisnis. Hal utama adalah bisa mendatangkan margin.
2. Berkelas dan Eksusif
Dengan memilih
tidak melayani pelanggan secara langsung, RIM dan Apple Inc ingin
menonjolkan kesan mewah dan hanya untuk kalangan tertentu. Dengan Harga
yang cukup tinggi dan dipaket bersama jasa operator selular artinya
hanya oran-orang yang berduit saja yang mau secara rutin mengeluarkan
biaya bulanan. Iphone dan Blackberry yang dibeli selain dari operator
selular adalah produk “Haram”.
3. Membangun Loyalitas
Salah satu
sifat mendasar manusia adalah ingin dihargai dan diakui. Dengan
menggunakan produk yang bukan sejuta umat, secara tidak langsung
penggunanya merasa bahwa mereka sebagian kecil kaum yang sukses secara
materi. Loyalitas pada perangkat ini terus mereka pertahankan demi
status sosial.
4. Mengikat Konsumen
Cinta itu
tumbuh karena kebiasaan,konon begitu katanya. Kewajiban berlangganan
dalam waktu tertentu, minimal 2 tahun untuk bisa menggunakan Iphone akan
membuat orang cinta mati. Seperti nikotin atau zat adiktif, ada yang
hilang jika berhenti memakainya. Apalagi ditambah dengan berbagai
service tang menarik dari operator.
Penertapan
stategi people management perusahaan apple merupakan perpaduan anatar
pengoptimalan sumber daya manusia yang handal dan kerja tim dari
berbagai fungsional untuk mencapai visi perusahaan.
IV.Pembahasan
Apple
Computer (sekarang dikenal sebagai Apple, Inc) adalah kekuatan utama
dalam revolusi Personal Computer (PC) yang berlangsung di tahun 1970-an
dan’80s. Dan bahkan revolusi itu terus menerus berlangsung hingga saat ini, berkat inovasi yang terus-menerus dilakukan oleh pihak pengembang Apple. Saat pendiriannya, produk pertama yang dikeluarkan adalah The Apple I yang juga dikenal sebagai Apple-1, merupakan awal komputer pribadi dan merupakan nenek
moyang dari semua komputer APPLE pada masa selanjutnya. Komputer ini
dirancang dan dibangun secara hand made oleh Steve Wozniak dan Steve
Jobs-lah yang mempunyai ide penjualan komputer. Produk Apple pertama ini
pertama kali ditunjukkan ke publik pada April 1976 di Homebrew Computer
Club di Palo Alto, California dan mulai dijual pada Juli 1976.
Berbeda
halnya dengan Apple I yang masih menggunakan kayu sebagai casingnya,
Apple II telah melakukan up grade berbeda dengan menggunakan casing dari
bahan metal. Apple II diluncurkan pada April 1977, dan ditujukan untuk
kebutuhan personal. Apple II ini telah mendukung Graphic, Bahasa BASIC,
Visical (dengan Excel sebagai jendelanya), dan dilengkapi dengan game
Oregon Trail. Apple II ini juga dilengkapi dengan twin floppy disk drive
dan monitor. Apple II juga memiliki fitur yang terintegrasi keyboard,
suara, plastik kasus, dan delapan internal slot ekspansi.
Pada awal tahun 1980-an, Apple Computer menghadapi meningkatnya kompetisi dari perusahaan lain. Saingan utama
Apple Computer adalah Commodore. Walaupun Apple II telah dinyatakan
siap platform karena Visicalc, Apple tetap menyiapkan Apple III untuk
menyaingi IBM versi PC.
Pada
Desember 1979, Steve Jobs dan teknisi grup komputer Apple melakukan tur
ke laboratorium Xerox PARC dan dengan disaksikan peneliti dari Xerox,
mereka mendemonstrasikan GUI (Graphic User Interface) pada computer
Alto. Pada saat itu Steve Jobs menyadari pentingnya GUI pada computer
masa depan daripada menggunakan interface berbasis teks (misalnya,
perbandingan perintah dengan command prompt dibandingkan dengan perintah
pada layar windows yang lebih nyaman).
Dalam
pakta kerja samanya Xerox memberika akses pada Apple untuk menggunakan
fasilitas yang dimiliki oleh Xerox selama 3 hari sebagai kompensasi
nilai tukar saham yang kala itu mencapai $ 1.000.000. Selama masa itu,
para ilmuwan Apple mempelajari liku-liku dari GUI atau interface WIMP
sehingga menghasilkan computer Apple yang pertama kali berbasis GUI dan
diberi nama LISA (konon nama ini berasal dari putri pertama Steve Jobs
yang merupakan kepanjangan dari Locally Integrated Software
Architecture).
Hanya
saja, Local Intregated Software Architecture atau LISA bisa dibilang
sebagai produk gagal APPLE karena walaupun LISA sudah dilengkapi dengan
mouse dan GUI (Graphical User Interface), LISA dibandrol dengan harga
sangat mahal, sekitar $10,000 dan LISA tidak Compatible dengan produk
sebelumnya yaitu Apple II sehingga gagal melakukan penetrasi pasar.
Pada pada tahun 1984 Apple mengeluarkan produk baru yaitu MAC 128k dan mampu mendobrak dominasi IBM dan DOS pada saat itu. Setelah
3 tahun sejak kesuksesan MAC 128k, Pada 1987 APPLE kembali meluncurkan
MAC II yang ditambahi dengan dipasangnya Floppy Disk Slot (disket) serta
juga memakai HardDisk sebagai penyimpan data, selain itu MAC II juga
didukung 8-bit/256 Color Video.
Setelah itu Apple juga mengeluarkan Macintosh Color Classic. Komputer APPLE pertama yang layar nya berwarna, sudah ada Smiley icon-nya, dan pengaturan suara dan contrast melalui layar monitor.Kemudian pada tahun 1989, Apple mengeluarkan Mac Portable. Dijual
seharga kurang lebih $6,500, dengan berat 6kg juga dilengkapi dengan
Trackball (Trackpad) dan dilengkapi dengan battery yang mampu bertahan
selama 10jam. TAM (Twentieth Anniversary Macintosh) menyusul kemudian yang sempat dipromosikan melalui film Batman & Robin, dan sudah memiliki Sound Card dan Remote Control.
Melalui iMac inilah APPLE dapat kembali bangkit dari kebangkrutan yang melandanya selama 2 tahun. Salah
satu inovasi produk yang banyak kalangan menilai suatu kegilaan karena
diproduksi tanpa menggunakan Keyboard, Mouse dan Monitor, dirilis pada
tahun 2005. Disebut-sebut
sebagai komputer tertipis didunia dengan hanya seberat 1,5 Kg,
Ketebalan bagian depan hanya 0,16 Inch dan bagian belakang 0,76 Inch.
Yang menarik, casing laptop itu berbahan alumunium yang mudah didaur ulang dan komponen-komponennya dibuat dari bahan-bahan yang tak berbahaya. Tahun 2001 Apple kembali mengeluarkan Ipod, dan pada tahun 2010 mengeluarkan tablet fenomenal yang diberi nama Ipad.
Dilihat
dari perkembangan produk yang dikeluarkan Apple dari tahun ke tahun,
sangat terlihat inovasi yang dilakukan. Dari komputer pertama yang
dikeluarkan dan masih berbentuk sederhana, berukuran besar serta
memiliki fitur yang sangat sederhana, hingga saat ini mampu mengeluarkan
produk fenomenal yang berbentuk stylish dan memiliki fitur yang sangat
lengkap untuk sebuah tablet komputer.
Inovasi
yang terus menerus, serta kemampuan untuk memahami kebutuhan dan
pergerakan pasar sangat dibutuhkan agar produk yang dihasilkan bisa
diterima dengan baik di pasaran. Tim Riset dan pengembangan yang
dimiliki Apple berusaha dengan baik untuk mengetahui dan meneliti
kebutuhan masyarakat akan produk komputer. Sebelum melaksanakan
pengembangan produk, Apple inc juga melakukan beberapa tahapan, seperti:
a. Perencanaan :
kegiatan
perencanaan ini sering dirujuk karena kegiatan ini mendahului
persetujuan proyek dan proses peluncuran pengembangan produk aktual.
Sebelum menciptakan produk, perusahaan selalu merencanakan terlebih
dahulu tentang konsep perkembangan konsep produk yang akan diciptakan.
b. Pengembangan Konsep :
Pada
fase pengembangan konsep ini, kebutuhan pasar target diidentifikasi dan
diteliti terlebih dahulu oleh pihak Apple, kemudian alternatif
konsep-konsep produk akan dievaluasi, dan satu atau lebih konsep dipilih
untuk pengembangan dan percobaan lebih jauh.
c. Perancangan Tingkatan Sistem :
Fase
perancangan tingkat sistem mencakup definisi arsitektur produk dan
uraian produk menjadi subsistem-subsistem serta komponen-komponen yang
dibutuhkan.
d. Perancangan Detail :
Fase
perancangan detail mencakup spesifikasi lengkap dari bentuk yang akan
diciptakan, material dan toleransi-toleransi dari seluruh komponen unik
pada produk dan identifikasi seluruh komponen standar yang dibeli dari
pemasok. Jadi segala sesuatunya dibuat lebih mendetail pada tahapan ini.
e. Pengujian dan perbaikan :
Fase
pengujian dan perbaikan melibatkan konstruksi dan evaluasi dari
bermacam-macam versi produksi awal produk. Produk yang telah dihasilkan
kemudian di uji untuk meminimalisis kesalahan dan kelemahan produk.
Serta kelemahan yang ditemukan akan segera diperbaiki, hingga pada
akhirnya akan menciptakan produk yang berkualitas dan sesuai dengan
keinginan perusahaan.
f. Produksi awal :
Pada
fase produksi awal, produk dibuat dengan menggunakan sistem produksi
yang sesungguhnya. Hasil perbaikan dan rancangan dari proses sebelumnya
kemudian di analisis dan dijadikan dasar dalam kegiatan produksi awal.
Setiap
produk memiliki masa daur hidup produk yang berbeda. Produk elektronik
biasanya memiliki rentang waktu yang lebih sempit dibandingkan produk
lainnya. Apple sangat menyadari pola daur hidup produk. Setelah
melakukan tahapan sebelumnya dan menghasilkan produk baru, Apple
mempersiapkan diri dengan mempersiapkan tahapan daur hidup produk
(Product Life Cycle) sebagai berikut:
1. Tahap Perkenalan / Introduction
Pada
tahap umumnya produk yang baru diciptakan belum dikenal dan diketahui
oleh target konsumen sehingga dibutuhkan pengenalan produk kepada target
pasar dengan berbagai cara. Namun ini berbeda dengan perusahaan Apple.
Sebelum melemparkan produk di pasaran, Apple biasanya mengeluarkan rumor
tentang jenis produk yang akan dikeluarkan. Ini merupakan daya tarik
yang besar bagi Apple. Disaat produk lain belum dikenal di pasaran saat
lounchingnya, namun produk apple sudah sangat ditunggu kehadirannya.
Rumor tentang produk baru biasanya membuat konsumen target merasa
penasaran dan menimbulkan keingin tahuan memiliki dan membeli produk
tersebut. Jadi pada umumnya produk Apple akan langsung terjual habis di
Lounching pertamanya.
2. Tahap Pertumbuhan / Growth
Pada
tahap ini konsumen sudah mengenal produk yang dikeluarkan perusahaan.
Adanya promosi yang dilakukan Apple semakin meningkatkan jumlah
penjualan dan laba yang diperoleh. Pada tahapan ini banyak penjual dan
distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan dari
besarnya animo permintaan pasar akan produk apple.
3. Tahap Kedewasaan / Maturity
Di
tahap ini produk perusahaan mengalami titik jenuh dengan ditandai
dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan
tetap di titik tertentu dan jumlah keuntungan yang menurun serta
penjualan cenderung akan turun jika tidak dibarengi dengan melakukan
strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Karena
sudah banyak pesaing, para pedagang mulai meninggalkan persaingan dan
yang baru tidak akan banyak terlibat karena jumlah konsumen yang tetap
dan cenderung turun. Untuk menyikapi fase ini, yang biasanya ditunjukkan
dengan sudah berkurangnya permintaan akan produk, Apple melakukan
strategi yaitu memberikan potongan harga terhadap produk tertentu, atau
mengeluarkan produk penyempurna dari produk yang sebelumnya. Misalnya
pada iphone, dikeluarkan penyempurnanya yaitu iphone 3gs, iphone 4 dan
bahkan iphone 4s. Produk penyempurna ini biasanya merupakan perbaikan
dari produk sebelumnya baik dari segi desain maupun fitur. Penyempurnaan
ini bertujuan untuk memperpanjang fase kedewasaan.
4. Tahap Penurunan / Decline
Pada
kondisi decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk
beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang
diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi
pasti dan akhirnya mati. Apabila perusahaan tidak menemukan strategi
yang bisa meningkatkan penjualan dan memperpanjang masa hidup produk,
maka pada akhirnya akan terjadi penurunan dan produk tak akan laku lagi
di pasaran.
V.Penutup (Kesimpulan)
Produk
baru sangat penting dalam mempertahankan tingkat pertumbuhan dan
keuntungan perusahaan serta menggantikan produk – produk yang sudah
tidak disukai lagi oleh konsumen sehingga produk yang di hasilkan
oleh produsen dapat selalu disukai dan mengikuti perkembangan dari
permintaan apa yang disukai oleh konsumen.
Dengan
beralihnya pandangan pasar ,dan produk sejenis juga sudah banyak yang
dihasilkan produsen , maka para pelaku bisnis juga harus
memikirkan bagaimana cara agar produk yang mereka hasilkan dapat
diminati dan disukai oleh konsumen, maka para pebisnis melakukan proses
pengembangan dan pengelolaan produk baru.
Apple
adalah salah satu perusahaan yang sukses dalam mengembangkan produk
baru. Hal-hal yang dilakukan antara lain : Membuat komitmen jangka
panjang yang diperluakan untuk mendukung inovasi dan pengembangan produk
baru ,Menggunakan pendekatan khusus perusahaan ,digerakkan oleh tujuan
perusahaan dan strategi –strategi yang dimiliki oleh perusahaan ,yang
telah ditegaskan sebagi strategi utama perusahaan mereka.
Apple
senantiasa melakukan inovasi dan pengembangan terhadap produk, hal ini
disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pasar. Hal ini juga dilakukan
untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan bersaing ,Membangun sebuah
budaya manajemen dalam perusahaan,struktur organisasi dan dukungan
manajemen puncak yang kondusif guna mencapai tujuan spesifik produk baru
serta tujuan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar